Jumat, 27 Februari 2015

Wisata Alam Sumberboto Jombang

Dulur yang suka kluyuran wisata alam, kini kita ajak jalan jalan  ke kaki gunung Anjasmoro tepatnya sekitar tujuh kilometer dari arah kota Kecamatan Mojoagung, terdapat sebuah monumen dan pemandian bernama Sumberboto, karena terletak di Desa Sumberboto. Di sana terdapat ‘saksi sejarah’ yang, konon, dikabarkan sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit. Dalam perkembangannya, jadilah tempat itu sebagai sarana rekreasi bagi keluarga. Dan ‘income’ pun diraub Pemda Jombang.

Melihat lokasinya yang mudah terjangkau, sekitar tujuh kilometer dari arah Kota Kecamatan Mojoagung, atau sekitar 20 kilometer dari Kota Jombang, Sumberboto sebenarnya memiliki prospek menjanjikan. Jalan setapak menuju ke sana pun cukup representatif. Melihat peta komplit yang ada, sangatlah wajar jika Pemda Jombang menjadikannya sebagai salah satu wisata andalan.

Dalam sehari, sedikitnya puluhan bahkan ratusan wisatawan datang ke lokasi yang, konon kabarnya, merupakan salah satu bukti peninggalan Kerajaan Majapahit itu. Daya tarik bagi pengunjung, selain terdapat dua lokasi pemandian, satu untuk anak-anak dan satu lagi untuk umum, juga dibangun beberapa sarana bermain.

Di sekelilingnya ditumbuhi beragam tanaman rindang nan hijau, yang berfungsi menaungi lokasi wisata. Dan yang tak kalah menariknya, di sekitarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai arena perkemahan umum dan pelajar.
Penunjang kunjungan wisata ke Sumber Boto adalah dukungan sarana transportasi yang lumayan baik menuju obyek wisata impian. Saat ini jalan raya menuju Sumber Boto telah diperbaiki dan nyaman dipakai berkendara. Jika perjalanan wisata berangkat dari kota Surabaya, wisatawan harus memilih jalur ke selatan melewati Krian, terminal Mojokerto, perempatan Trowulan (arah menuju Museum Kerajaan Majapahit), dan sub terminal Mojoagung. Ciri khusus subterminal Mojoagung adalah bangunan menara tandon air peninggalan Belanda.

Nah, kalau sudah sampai sub terminal Mojoagung, wisatawan akan dengan mudah mencapai lokasi Sumber Boto. Tepat di perempatan sub terminal Mojoagung, dekat pojok gedung Telkom Mojoagung, terdapat papan penunjuk arah ke Bumi Perkemahan Sumber Boto. Backpacker tinggal ikuti arah tersebut lurus saja. Dari terminal, Anda bisa memilih naik angkutan umum lyn M (warna merah) maupun naik ojek ke Sumber Boto. Jaraknya kurang lebih 3 km akan sampai di desa Sumber Boto. Dari jalan raya tinggal belok kiri menuju arah perkemahan Sumber Boto.

Dua kolam renang yang ada di wisata Sumberboto, sebenarnya cukup representatif bagi sebuah tempat rekreasi. Karena beberapa sarana yang.dibutuhkan tersedia kendati tidak mewah, seperti kamar mandi yang berfungsi untuk membersihkan badan usai berendam di kolam.

Airnya yang bening mengalir deras dari pegunungan sekitar, membuat pemandian ini banyak disukai pengunjung. Sarana tempat bermain untuk anak-anak pun, secara fisik, memang tidak semewah di tempat rekreasi ternama lainnya. Tetapi nyatanya selalu ‘dikerumuni’ pengunjung anak-anak.

Dan, yang tak kalah menariknya adalah tersedianya lokasi parkir yang sangat bagus, lebih dari rasa aman. Berdasarkan data yang masuk, sejak lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat wisata umum, tampaknya belum pernah sekalipun terjadi pencurian kenadaraan bermotor milik pengunjung. Dan rupanya hal tersebut lebih disebabkan karena sistem penjagaan yang ekstra ketat dari para petugas yang ditunjuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar